Sasuke's Mangekyō Sharingan

Minggu, 10 Maret 2013

Tanda-Tanda Awal Demam Berdarah


Mengiringi musim penghujan saat ini, ancaman penyakit demam berdarah ada di depan mata. Berbagai pencegahan perlu kita lakukan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkannya, termasuk dengan mengetahui gejala-gejalanya. Untuk sobat semua, berikut tanda-tanda awal demam berdarah yang harus diwaspadai.

Tanda-Tanda Awal Demam Berdarah
Tanda-Tanda Awal Demam Berdarah
Pada umumnya, masa inkubasi penderita deman berdarah berkisar antara  3 - 15 hari sejak dia terserang virus dengue. Pada tahap awal, memang agak sulit melihat adanya gigitan nyamuk yang membawa potensi deman berdarah. Namun setelah itu, penderita akan menampakkan berbagai tanda dan gejala demam berdarah sebagai berikut :
  1. Penderita mengalami demam tinggi yang mendadak 2-7 hari, dan jika diukur dapat mencapai 38 hingga 40 derajat Celsius.
  2. Timbulnya beberapa gejala klinik yang cukup mengkhawatirkan seperti mual, muntah, penurunan nafsu makan (anoreksia), sakit perut, diare, menggigil, kejang dan sakit kepala.
  3. Beberapa kondisi tidak wajar terjadi seperti perdarahan di kelopak mata bagian dalam (konjungtiva), mimisan, serta buang air besar dengan kotoran berupa lendir bercampur darah)
  4. Demam yang dirasakan penderita menyebabkan keluhan pegal/sakit pada persendian.
  5. Munculnya bintik-bintik merah pada kulit akibat pecahnya pembuluh darah.
  6. Jika dilakukan uji pemeriksaan uji torniquet, tampak adanya jentik (puspura) perdarahan.
  7. Terjadi pembesaran hati atau dalam istilah medis disebut Hepatomegali.
  8. Tekanan darah penderita akan menurun sehingga menyebabkan syok.
  9. Dalam uji pemeriksaan laboratorium (darah) hari ke 3 - 7, terjadi penurunan trombosit dibawah 100.000 /mm3 (Trombositopeni),
  10. Dalam pemeriksaan laborat itu pula, terjadi peningkatan nilai Hematokrit diatas 20% dari nilai normal (Hemokonsentrasi).
Tanda-tanda awal demam berdarah tersebut harus kita pahami untuk dapat melakukan langkah-langkah perawatan dan perlakuan awal karena penyakit ini kadang sangat tidak terduga. Seperti kata pepatah, "Sedia Payung Sebelum Hujan," dengan memahami gejala-gejala tersebut, tentu risiko lebih buruk dapat dicegah.

Itulah sekilas tentang tanda-tanda awal demam berdarah. Kenali gejalanya dan ambil langkah seperlunya untuk mencegah demam berdarah menyebar di lingkungan sobat semua. Semoga bermanfaat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.