Sasuke's Mangekyō Sharingan

Minggu, 10 Maret 2013

Mencegah Demam Berdarah dengan 3M


Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Demikian halnya dalam hal penyakit demam berdarah, melakukan langkah-langkah awal pencegahan akan jauh lebih hemat biaya daripada mencarikan obat ketika telah ada penderita. Dari sekian banyak upaya pencegahan, salah satunya dengan program 3M. Untuk sobat Blogger Gundul semua, berikut langkah-langkah dalam mencegah demam berdarah dengan 3M.

Mencegah Demam Berdarah dengan 3M
Mencegah Demam Berdarah dengan 3M
Pertama-tama, kita harus memahami bahwa 3M adalah sebuah ide program sederhana yang diluncurkan Pemerintah beberapa tahun yang lalu. 3M sendiri merupakan akronim dari Menguras, Menutup, dan Mengubur. Definisi dan penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Menguras
Yaitu menguras tempat penampungan air secara rutin, minimal jika air sudah mulai keruh, seperti bak mandi dan kolam. Upaya ini dimaksudkan untuk mengurangi perkembangbiakan dari nyamuk yang membawa potensi demam berdarah. Air yang kruh dan jarang dikuras tempatnya merupakan tempat yang bagus bagi nyamuk untuk bertelur dan menempatkan jentik-jentiknya untuk berkembang biak. 

Menutup
Yaitu menutup tempat-tempat penampungan air, khususnya yang menjadi konsumsi tiap hari. Umumnya, untuk daerah perdesaan, tampungan air jarang sekali dikuras karena kondisi tidak memungkinkan. Jangankan dikuras, air berkurang saja harus segera diisi kembali karena memang merupakan tempat cadangan air untuk keperluan sehari-hari. Tempta-tempat seperti ini harus ditutup agar nyamuk tidak bisa meletakan telurnya kedalamnya mengingat nyamuk pembawa penyakit demam berdarah sangat menyukai air yang bening.

Mengubur
Yaitu mengubur barang – barang yang tidak terpakai yang dapat memungkinkan terjadinya genangan air. Barang-barang tersebut dapat meliputi botol bekas, kaleng cat, plastik, dan aneka barang-barang tak terpakai lainnya, yang berada di halaman maupun dalam rumah, yang memungkinkan nyamuk bertelur di dalamnya. Jika tidak, jual saja barang-barang tersebut ke tukang loak.

Jika ingin komplit, sobat dapat saja menambahkan 1M lagi dari 3M tersebut yaitu Memantau, yakni mengawasi setiap hal yang berhubungan dengan penyebaran nyamuk demam berdarah di lingkungan sobat sekalian. Pantauan dapat saja dilakukan di seputar rumah maupun daerah tempat sobat tinggal.

Itulah sekilas tentang mencegah demam berdarah dengan 3M. Langkah ini sebenarnya cuku mudah, Satu hal yang sebenarnya menjadi inti suksesnya ide ini yakni kemauan kita untuk melaksanakannya. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.