Sasuke's Mangekyō Sharingan

Jumat, 12 April 2013

Mengenal Internet


Pengertian Internet

mengenal internet
       Interconnected Network atau biasa disebut dengan Internet yang berarti jaringan yang saling terhubung. Internet adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Karena merupakan sebuah jaringan, maka sebuah komputer yang terhubung ke Internet berarti terhubung dengan semua komputer diseluruh dunia yang juga terhubung dengan Internet. Internet merupakan sebuah dunia yang tidak memiliki penguasa, maka setiap orang yang terhubung dalam Internet mempunyai hak yang sama untuk dapat mengakses semua informasi secara bebas dan gratis. Melalui Internet, informasi-informasi dari manapun asalnya dapat kita hadirkan kedalam komputer dihadapan kita dengan mudah, cepat, dan murah. Proses komunikasipun dapat kita lakukan dengan orang lain dari berbagai Negara di seluruh dunia dengan cepat, mudah dan murah pula. Dengan adanya Internet, waktu dan batas antarnegara di dunia seolah-olah menjadi semakin kabur/maya, sehingga muncul istilah bahwa bahwa Internet adalah “Dunia Maya”.

Latar Belakang Internet

      arpanetInternet dikembangkan pertama kali oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk keperluan militernya. Pada saat itu militer Amerika Serikat ingin menjangkau seluruh pasukannya walaupun berada di daerah pelosok. Program Internet yang bersifat rahasia dilaksanakan oleh DARPA (Defence Advance Research Project Agency) dengan program ARPAnet (Advance Research Project Agency Network yang pada awalnya hanya ada 3 komputer yang saling terhubung di Utah, Amerika Serikat.
       ARPAnet adalah sebuah jaringan eksperimen berbasis komunikasi data yang didirikan pada tahun 1969 dengan tujuan untuk menghubungkan para peneliti ke pusat-pusat komputer untuk keperluan penelitian mereka. Pada awal 1980-an, ARPAnet terpecah menjadi dua yaitu ARPANET dan Milnet. Kedua jaringan tersebut masih tetap berhubungan, sehingga komunikasi antarjaringan tetap dapat dilakukan. Tetapi pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Pada saat itulah NSFNET dibangun dan berbagai jaringan internasional dari berbagai Negara, seperti Australia, Skandinavia, Inggris, Perancis, Jerman, Kanada, serta Jepang segera bergabung ke NSFNET.
       Sekarang ini, pemakaian Internet sudah bukan murni untuk riset saja, melainkan sudah mencangkup kegiatan sosial, komersial/bisnis, pendidikan, budaya, dan lain-lain. Internet mendorong pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi beberapa tahun terakhir ini. Penggunaan Internet mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia, mulai dari dunia bisnis, kedokteran, penelitian, pendidikan yang digunakan untuk tukar-menukar informasi, sampai transfer data dalam jumlah besar.
Manfaat Internet
        manfaat Tingginya mobilitas penggunaan Internet menuntut jaringan Internet yang lebih fleksibel, sehingga seseorang yang sering berpergian tetap dapat mengakses Internet walaupun sedang didalam mobil yang sedang berjalan. Pemakai Internet atau User dapat memanfaatkan jaringan Internet, seperti mencari informasi (hosting), belanja (e-commerce), berkirim surat (e-mail), mengobrol (chatting), dan research dengan Internet. Informasi di Internet juga dapat berubah setiap jam, menit bahkan detik karena banyak orang yang mengupload informasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.